Program Si Jejak
SMP Negeri 6 Sidoarjo
Program Si Jejak di SMP Negeri 6 Sidoarjo
26 Januari 2023
A. Dasar Hukum
Di dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 48 Tahun 2023 tentang Akomodasi yang layak untuk peserta didik penyandang disabilitas pada satuan pendidikan anak usia dini formal, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyampaikan bahwa setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu, selain itu juga mengatur tentang hak pendidikan khusus bagi warga negara yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau sosial. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan inklusif didukung oleh landasan hukum yang kuat di Indonesia.
UUD 1945 Pasal 28 ayat (2) menyebutkan bahwa setiap orang berhak mendapat kemudahan dan perlakuan khusus untuk memperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dan keadilan.
UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas Pasal 10 menyebutkan bahwa peserta didik berkebutuhan khusus berhak untuk mendapatkan layanan pendidikan yang bermutu di semua jenis, jalur dan jenjang pendidikan.
Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 30 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Provinsi Jawa Timur.
Peraturan Bupati no 6 tahun 2011 Pasal 85(1) Pemerintah Daerah menjamin pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus berupa layanan pendidikan inklusif pada satuan pendidikan umum sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
B. Permasalahan
Di dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyampaikan bahwa setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu, tidak terkecuali bagi peserta didik berkebutuhan khusus. Dengan kebutuhan tersebut ada beberapa orang tua peserta didik berkebutuhan khusus kekhawatiran dalam memilih sekolah lanjutan jenjang SMA, SMK, atau SLB. Kekhawatiran mereka berkisar pada kesesuaian program pendidikan dengan kebutuhan anak, fasilitas pendukung, serta kesempatan untuk melanjutkan pendidikan yang inklusif dan berkesinambungan di sekolah yang diinginkan. Komunikasi yang jelas dan bimbingan dari pihak sekolah yang dituju secara langsung sangat penting untuk membantu orang tua dalam mengambil keputusan yang terbaik bagi masa depan anak mereka.
C. Isu Strategis
Program "Si Jejak" merupakan kepanjangan dari Study Visit Jenjang Sekolah Lanjutan SMA, SMK dan SLB. Hal ini didasarkan pada kekhawatiran orang tua dalam memilihkan sekolah lanjutan yang cocok sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK). Oleh karena itu, Progam "SI JEJAK" ini memberi solusi kepada orang tua peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) untuk lebih dekat mengetahui sekolah yang dikunjungi, misalnya Ketersediaan Guru Pendamping Khusus bagi PDBK, Aksesbilitas fasilitas infrastruktur yang ramah bagi anak berkebutuhan khusus, Kurikulum pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar bagi peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK).
D. Metode Pembaharuan
Program "Si jejak" merupakan terobosan terbaru bagi pelayanan pendidikan inklusi khususnya di SMP Negeri 6 sidoarjo yang mana program ini belum dimilki oleh sekolah lain. Progam SI JEJAK merupakan progam inovasi yang sangat membantu para peserta didik berkebutuhan khusus dan orang tua dalam menentukan sekolah pilihan lanjutan jenjang SMA, SMK, atau SLB yang sesuai dengan kemampuan dan minat yang mereka miliki.
E. Keunggulan dan Kebaharuan
Keunggulan dari program study visit jenjang sekolah lanjutan SMA, SMK, atau SLB untuk peserta didik berkebutuhan khusus dan orang tua terletak pada kesempatan untuk melihat langsung lingkungan belajar yang lebih spesifik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus. Program ini memungkinkan peserta didik untuk berinteraksi dengan siswa dan guru di sekolah tujuan, memahami proses pendaftaran, memahami program studi yang dapat menerima peserta didik berkebutuhan khusus, memahami berbagai fasilitas pendukung, serta merasakan suasana belajar yang akan dihadapi. Hal ini membantu mengurangi kecemasan saat transisi dan memberikan panduan yang lebih jelas dalam memilih jalur pendidikan yang paling cocok.
F. Tahapan Inovasi atau Penggunaan Produk
Si jejak" program study visit jenjang lanjutan SMA, SMK, atau SLB memiliki prosedur sebelum menjalankan program tersebut yaitu menentukan tujuan / lokasi sekolah yang akan dituju yang melibatkan peran dari peserta didik serta orang tua. Selanjutnya adalah membuat jadwal perjalanan yang rinci dan jelas, mengajukan Izin kunjungan/study visit serta mersiapkan perjanjian kerja sama dengan sekolah yang dituju dan prosedur terakhir adalah Evaluasi.
G. Tujuan
Tujuan program study visit jenjang sekolah lanjutan jenjang SMA, SMK, atau SLB bagi peserta didik berkebutuhan khusus adalah untuk membantu mereka mengenali lingkungan belajar yang akan mereka hadapi di jenjang selanjutnya. Program ini bertujuan untuk memberikan gambaran langsung mengenai fasilitas, aksesbilitas, metode pembelajaran, serta dukungan yang disediakan, sehingga orang tua dan peserta didik berkebutuhan khusus dapat membuat keputusan yang tepat dan mempersiapkan diri dengan lebih baik dalam menghadapi transisi ke pendidikan lanjutan.
H. Manfaat
Program "Si Jejak" study visit jenjang sekolah lanjutan jenjang SMA, SMK, atau SLB memberikan manfaat yaitu :
Manfaat Bagi Orang Tua
Memberikan kesempatan pada orang tua/wali dan peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) untuk mengetahui sekolah yang dikunjungi tentang pelayanan dan fasilitas bagi peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK).
Orang tua mengetahui tentang sekolah yang sesuai dengan bakat dan minat putra-putrinya.
Memberikan wawasan kepada orang tua dan peserta didik tentang pilihan pendidikan yang tepat, sehingga mereka dapat lebih percaya diri dalam merencanakan masa depan pendidikan anak
Manfaat Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK)
Kegiatan SI JEJAK membantu peserta didik berkebutuhan khusus mengenal lingkungan sekolah yang akan mereka tempuh selanjutnya.
Memahami fasilitas dan aksesbilitas yang tersedia di sekolah lanjutan.
Dapat merasakan suasana belajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus.
Kegiatan SI JEJAK memberikan motivasi kepada peserta didik berkebutuhan khusus dan mempersiapkan diri dari awal yang diinginkan sesuai dengan bakat dan minatnya.
Manfaat Bagi Sekolah
Sekolah memberikan fasilitas layanan kepada orang tua dan peserta didik berkebutuhan khusus yang berupa kunjungan secara langsung terkait dengan sekolah lanjutan jenjang SMA, SMK dan SLB.
Sekolah memfasilitasi bakat dan minat peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) terkait dengan pemilihan sekolah lanjutan yang sesuai kemampuan PDBK.
I. Hasil
Hasil dari program study visit jenjang sekolah lanjutan jenjang SMA, SMK, atau SLB bagi peserta didik berkebutuhan khusus adalah
Orang tua dan peserta didik berkebutuhan khusus mampu membuat keputusan sendiri terkait dengan sekolah lanjutan jenjang SMA/SMK/SLB bagi anak.
Meningkatnya pemahaman orang tua terhadap pilihan sekolah lanjutan yang sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat anaknya.
Orang tua mendapatkan pengalaman secara langsung ke sekolah lanjutan yang dituju, sehingga orang tua mampu memberikan dukungan yang lebih baik dalam proses pengambilan keputusan seperti pendampingan kegiatan di rumah melalui guru pendamping khusus atau guru shadow.
CATATAN SI JEJAK
Tujuan Program Si Jejak
Memberikan akses pendidikan yang sama: Semua siswa, tanpa memandang latar belakang atau kemampuan, berhak mendapatkan pendidikan yang berkualitas.
Menciptakan lingkungan yang inklusif: Sekolah berusaha menciptakan suasana yang nyaman dan mendukung bagi semua siswa, sehingga mereka merasa diterima dan dihargai.
Mengembangkan potensi setiap siswa: Program ini bertujuan untuk membantu setiap siswa mencapai potensi maksimal mereka, sesuai dengan kemampuan dan minat masing-masing.
Implementasi Program Si Jejak
Akomodasi: Sekolah mungkin menyediakan berbagai bentuk akomodasi untuk siswa dengan kebutuhan khusus, seperti alat bantu belajar, asisten pribadi, atau modifikasi kurikulum.
Pelatihan guru: Guru-guru diberikan pelatihan khusus untuk memahami kebutuhan siswa dengan kebutuhan khusus dan cara mengajar mereka secara efektif.
Kerjasama dengan keluarga: Sekolah bekerja sama dengan orang tua atau wali siswa untuk memastikan bahwa kebutuhan siswa terpenuhi baik di sekolah maupun di rumah.
Kegiatan inklusi: Sekolah mungkin mengadakan berbagai kegiatan yang melibatkan semua siswa, seperti kegiatan sosial, olahraga, atau seni, untuk memperkuat rasa kebersamaan.
Mengapa Program Si Jejak Penting?
Pendidikan inklusi sangat penting karena:
Memperkaya pengalaman belajar: Interaksi dengan siswa yang beragam dapat memperkaya pengalaman belajar bagi semua siswa.
Membentuk karakter: Pendidikan inklusi dapat menumbuhkan sikap saling menghormati, toleransi, dan empati pada siswa.
Menyiapkan siswa untuk masa depan: Kehidupan di masyarakat yang beragam menuntut kita untuk mampu berinteraksi dengan orang yang berbeda. Pendidikan inklusi dapat mempersiapkan siswa untuk menghadapi dunia yang nyata.
Ingin Tahu Lebih Lanjut?
Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang Program Si Jejak di SMP Negeri 6 Sidoarjo, saya sarankan Anda untuk:
Mengunjungi website sekolah: SMP Negeri 6 Sidoarjo biasanya memiliki website resmi yang berisi informasi lengkap tentang program-program yang mereka jalankan.
Menghubungi sekolah secara langsung: Anda bisa menghubungi sekolah melalui telepon atau email untuk bertanya tentang program ini.
Menonton video lainnya: Mungkin ada video lain yang menjelaskan lebih detail tentang implementasi program ini di sekolah.