PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSI
SMP NEGERI 6 SIDOARJO
INKLUSI SMP Negeri 6 Sidoarjo
Assalammualaikum.Wr.Wb
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat, hidayah, dan karunia-Nya serta segala kebaikan yg telah diberikan sehingga saya di tempatkan di SMP Negeri 6 Sidoarjo sebagai Kepala Sekolah.
SMP Negeri 6 Sidoarjo adalah salah satu Sekolah Penggerak & Penyelenggara Pendidikan Inklusi di Kabupaten Sidoarjo, melalui Program ini SMPN 6 Sidoarjo tetap semangat dalam layanan pendidikan bagi peserta didik berkebutuhan khusus dapat dilakukan dengan mengimplementasikan sistem pendidikan inklusif.
Saat ini Pemerintah telah mengakomodasi penyelenggaraan pendidikan inklusif dengan menerbitkan Permendiknas Nomor 70 Tahun 2009 tentang pendidikan inklusif bagi peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa.
Kedudukan peserta didik berkebutuhan khusus juga dikuatkan dengan Undang-Undang nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. Penerimaan peserta didik berkebutuhan khusus seyogyanya melibatkan berbagai unit terkait, antara lain orang tua peserta didik, sekolah, rumah sakit atau puskesmas, dan dinas pendidikan setempat.
Pada beberapa sekolah peserta didik berkebutuhan khusus tidak dapat diterima di sekolah jika tidak membawa surat keterangan hasil asesmen dari rumah sakit dan atau keterangan dari psikolog.
Untuk kondisi di daerah tertentu surat keterangan dari rumah sakit atau dari psikolog menjadi sangat sulit ketika pemahaman tentang mekanisme layanan tidak sepenuhnya dipahami, terlebih-lebih ketersediaan sumber daya dan aksesibilitas sangat terbatas.
Wassalamualaikum Wr. Wb
Kepala Sekolah
REKAPITULASI DATA SISWA INKLUSI SMP NEGERI 6 SIDOARJO 2023-2024
Strategi Guru pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi
Strategi yang dapat digunakan oleh guru di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi untuk membantu siswa dengan kebutuhan khusus:
Menggunakan strategi pembelajaran kreatif : Guru dapat menggunakan strategi pembelajaran kreatif dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi. Hal ini dapat membantu siswa berkebutuhan khusus dalam memahami materi pelajaran dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan[2].
Menggunakan strategi teknologi : Guru dapat menggunakan teknologi dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi. Hal ini dapat membantu siswa berkebutuhan khusus dalam memahami materi pelajaran dengan cara yang lebih interaktif dan menarik[1].
Menggunakan strategi pendekatan individual : Guru dapat menggunakan pendekatan individual dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi. Hal ini dapat membantu siswa berkebutuhan khusus dalam memahami materi pelajaran dengan cara yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan mereka[5].
Menggunakan strategi pendekatan kolaboratif : Guru dapat menggunakan pendekatan kolaboratif dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi. Hal ini dapat membantu siswa berkebutuhan khusus dalam memahami materi pelajaran dengan cara yang lebih interaktif dan melibatkan partisipasi dari semua siswa[4].
Menggunakan strategi pendekatan inklusif : Guru dapat menggunakan pendekatan inklusif dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi. Hal ini dapat membantu siswa berkebutuhan khusus dalam merasa diterima dan dihargai di lingkungan sekolah[1].
Dengan menggunakan beberapa strategi tersebut, diharapkan guru di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi dapat membantu siswa dengan kebutuhan khusus dalam mendapatkan haknya dalam pendidikan.
Citations:
[1] https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-ppsppi/
[2] https://www.researchgate.net/publication/355594484_Strategi_Pembelajaran_Kreatif_dalam_Pendidikan_Inklusi_di_Jenjang_Sekolah_Dasar
[3] https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/259/218
[4] https://ldpi.disdik.padang.go.id/artikel/kegiatan-workshop-penyelenggaraan-pendidikan-inklusif-untuk-guru-kelas-dan-guru-mata-pelajaran-tingkat-sd-dan-smp-di-sekolah-penyelenggara-pendidikan-inklusif-tahun-2019
[5] https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/download/19748/11948
[6] https://gpk.gtk.kemdikbud.go.id